Desa Kebonharjo Prioritaskan Penanganan Hipertensi di tahun 2020

17 July 2019, 16:20 WIB
3 0 32
Gambar untuk Desa Kebonharjo Prioritaskan Penanganan Hipertensi di tahun 2020
Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang di inisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dengan harapan persoalan kesehatan mampu teridentifikasi, menjadi persoalan bersama dan membuat rancangan gerakan nyata pada tahun 2020.
Ada 3 prioritas masalah dari kajian Puskesmas 2 Samigaluh berupa penyakit hipertensi tidak terkontrol, kebiasaan merokok oleh anggota keluarga dan fasilitas kesehatan tidak berada di pusat desa yang dipresentasikan Ira Fitria.
Sementara Kepala Desa Kebonharjo menyampaikan ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam penyususnan program kesehatan yaitu penangulangan malaria, penanganan stunting, penangulangan hipertensi dan akses kesehatan dalam intensitas dan kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Kebonharjo Rohmad Ahmadi S.IP dalam sambutan pembukaannya.
Dalam diskusinya yang dimoderatori oleh dr. Tari Astuti mampu menghasilkan kesepakatan yang akan menjadi aksi nyata dalam mengatasi permasalahan kesehatan berupa, sosilisasi pemeriksaan penyakit hipertensi, pencegahan stunting, mengaktifkan posyandu lansia peningkatan kapasitas kadernya, kampaye melalui poster, membuat surat edaran kawasan merokok, menambah waktu untuk puskesmas keliling dalam pelayanannya di pusat Puskesmas Pembantu di pusat desa.
Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kebonharjo pada tanggal 17 Juli 2019. Dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Puskesmas 2 Samigaluh, Banbisa, BPD, Bidan Desa, Dukuh, Kader Desa, PKK dan kader pembardayaan masyarakat.

  Komentar untuk Desa Kebonharjo Prioritaskan Penanganan Hipertensi di tahun 2020

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!