KRISIS IDENTITAS

19 October 2019, 08:29 WIB
0 0 9
Gambar untuk KRISIS IDENTITAS
KRISIS IDENTITAS
Oleh : Fuad Effendi

Dewasa ini sering kita jumpai ada banyak kejadian kejadian yang menyangkut tentang sebuah kemerosotan moral pada lingkungan sekitar kita.

Tak ada lagi tentang peranan norma norma yang mengikat dan ditaati aturannya seperti dulu,semua seakan lenyap tak sedikitpun membekas dalam pribadi generasi sekarang.
Setiap kejadian ataupun masalah yang terjadi adalah selalu berkaca pada apa yang dilihat,didengar kemudian diapresiasikan tanpa suatu kekhawatiran dari sebab perbuatan yang dilakukan dan diperbuat oleh generasi sekarang.

Disaat usia yang masih muda dan masih labil dalam segala pengambilan keputusan,selalu yang dikedepankan oleh generasi sekarang adalah ukuran “GENGSI”
Jika seorang teman bisa melakukan suatu hal atau perbuatan,kenapa saya tidak bisa??? .Itulah kenapa pengaruh seorang teman lebih sangat berperan dan menjadi tolak ukur bagi generasi sekarang.

Disaat usia yang masih muda seperti sekarang,pencarian sebuah panutan dan sebuah jati diri sangat riskan untuk benar benar diperhatikan.Jika seorang panutan memberikan sebuah contoh tindakan dalam kehidupan sehari hari pastilah sebuah karakter atau identitas seorang panutan tersebut bisa menjadi sebuah “contoh gaya” oleh generasi sekarang.

Itulah kenapa peranan orang tua,lingkungan sekitar dan masyarakat,sangatlah untuk menjadi pengontrol dan multiguna bagi petunjuk generasi sekarang.
Lingkungan yang berperilaku sehat akan menghasilkan suatu masyarakat yang beradab dan beretika moral yang baik,begitu juga sebaliknya.Maka dari itu untuk menjadikan sebuah identitas yang baik dan berguna,setidaknya menciptakan karakter karakter yang tangguh dalam memilih mana contoh yang baik dan mana contoh yang jelek.

Semoga dalam sebuah fenomena yang telah terjadi sekarang menjadikan kita semua selalu waspada dan peduli untuk selalu bisa mengarakan dan membentuk sebuah karakter generasi sekarang menjadi baik dan bagus.

Karena sebuah “KRISIS IDENTITAS” terjadi karena kurang adanya kepedulian dalam mempersiapkan generasi penerus yang lebih baik dari sebelumnya,ketergantungan pada seorang panutan menjadikan generasi penerus menjadi kurang percaya diri dalam menghadapi segala hal yang ada didepan dan terjadi sekarang.

Segala bentuk masalah menjadikan generasi sekarang memilih untuk mencari sebuah solusi tanpa mencari jawaban yang pasti untuk selesai,tetapi kejadian yang ada justru menambah sebuah masalah yang berbekas.
Sebuah identitas seharusnya menjadikan satu karakter yang khas,tanpa sebuah identitas yang pasti tak akan ada artinya kehidupan ini dijaman modern seperti sekarang ini.
Selamat berkarakter dan beridentitas yang baik

Lamongan, 19 Oktober 2019

#7HariKonsistenMenulisCitizenJournalism
#KelasJurnalistikOnline
#inspirationculture
#35menjadilebihbaik

  Komentar untuk KRISIS IDENTITAS

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!