Penyebab Seseorang Terserang Migrain

10 October 2019, 22:11 WIB
1 0 1
Gambar untuk Penyebab Seseorang Terserang Migrain
Sampai saat ini, penyebab migrain belum dapat dipastikan. Namun dalam banyak kasus serangan migrain, ditemui kadar zat kimia dalam otak yang disebut serotonin menurun. Kondisi ini diduga menyebabkan salah satu saraf otak (trigeminal) melepaskan zat kimia yang menuju ke lapisan luar otak (meningen) sehingga menimbulkan nyeri.

Meski penyebabnya belum diketahui, sejumlah faktor berikut ini diduga dapat memicu timbulnya serangan migrain: Perubahan hormon pada wanita. Fluktuasi kadar hormon pada wanita, terutama estrogen, berkaitan erat dengan timbulnya migrain. Sebagian wanita terserang migrain pada saat mengalami penurunan kadar estrogen yang signifikan, seperti sebelum atau selama masa menstruasi, selama masa kehamilan, atau menopause.

Pola makan dan minum. Mengonsumsi makanan asin atau makanan olahan, penambahan rasa manis atau rasa gurih (aspartam atau MSG), serta minuman beralkohol atau mengandung kafein dapat memicu serangan migrain.

Berikutnya ada: Pemicu dari lingkungan sekitar, seperti asap rokok, aroma parfum atau penghapus cat, dan suara bising; Faktor emosi, seperti stres, gelisah, tegang, depresi, atau terlalu gembira.

Lalu dari faktor fisik dan kebiasaan, seperti kelelahan, kualitas tidur yang buruk, postur tubuh yang buruk, gangguan tidur karena perbedaan waktu saat bepergian (jet lag), pasca olahraga berat, atau hipoglikemia (kadar gula yang rendah). Kemudian bisa disebabkan efek samping konsumsi obat, seperti pil KB atau terapi penggantian hormon.

Selain pemicu di atas, beberapa faktor juga dapat membuat seseorang cenderung mudah mengalami migrain. Di antaranya adalah: Memiliki riwayat keluarga yang mengalami migrain; Berjenis kelamin wanita.

Perlu diketahui bahwa migrain biasanya merupakan sakit kepala sedang atau berat dengan nyeri yang berdenyut di satu sisi kepala. Ketika mendapat serangan migrain, kepala akan terasa seperti ingin meledak. Selain itu, beberapa orang yang menderita migrain juga mengalami gejala seperti mual, muntah dan menjadi lebih peka terhadap cahaya atau suara.

Migrain merupakan kondisi kesehatan umum yang menyerang sekitar satu dari setiap lima wanita, dan sekitar satu dari setiap 15 pria. Biasanya, orang mendapat serangan migrain pada masa awal dewasa.

Penyakit ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria. Menurut hasil penelitian WHO, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen merupakan sakit kepala migrain.

Sumber: IndonesiaBaik (Kemenkominfo RI)

  Komentar untuk Penyebab Seseorang Terserang Migrain

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!