Sosialisasi Pemilihan BPD Desa Kebonharjo di Dusun Gowok

10 October 2019, 16:07 WIB
3 0 26
Gambar untuk Sosialisasi Pemilihan BPD Desa Kebonharjo di Dusun Gowok
Kebonharjo-atmaGo.com

Panitia Pemilihan BPD (Badan Perwakilan Desa) Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh Kulon Progo melaksanakan sosialisasi pemilihan BPD Desa Kebonharjo periode 2020-2026 di Dusun Gowok Kebonharjo Samigaluh. K.P. Kamis (10/10/2019). Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat dusun Gowok. Anggota Panitia Pemilihan BPD Desa. Dan perangkat desa.

Sebelumnya dukuh Gowok (Sunardi) terlebih dahulu membuka acara sosialisasi dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing. Dan kemudian menyerahkan acara kepada pamong desa dan panitia.

Dalam sosialisasi tersebut Sekdes Kebonharjo (Dwi Budiatun) menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sistem pemilihan anggota BPD sesuai Undang-Undang yang sudah disepakati di desa Kebonharjo, pelaksanaan pemilihan BPD dilakukan melalui tata cara pemilihan langsung. Atau dengan cara mencoblos nama bakal calon BPD. Ini tentu hal baru. Beliau menyampaiakan bahwa pemilihan BPD yang akan berlangsung atau dilaksanakan serentak di Desa Kebonharjo. Untuk Dapil 1 Gowok dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 21 Desember 2019. Dimulai pukul :08.00 - 12.00 WIB.
Menurutnya peran BPD sangat strategis yaitu mendorong dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik. Saat ini Desa Kebonharjo memiliki 7 anggota BPD yang akan memasuki purna jabatan di tahun 2020 mendatang. Sehingga harapanya dalam tahun yang sama akan segera mendapat anggota BPD baru. Sedangkan jumlah anggota BPD baru nantinya juga sebanyak 7 orang. Yaitu harus memiliki 2 unsur : 1 keterwakilan perempuan & 1 keterwakilan wilayah. Sehingga pada saat pencoblosan/pemilihan nantinya perempuan mempunyai dua hak pilih. Satu memilih calon BPD menurut wilayah tinggalnya dan memilih satu keterwakilan perempuan.

Dalam sosialisasi tersebut salah satu warga menanyakan tentang "Sejauh mana peran dari perwakilan BPD perempuan di Desa Kebonharjo nantinya ? Apakah dengan sistem pemilihan ini bisa efektif dalam mengawal program pembangunan desa nantinya ? Pertanyaan tersebut langsung di jawab oleh Dwi Budiatun bahwa tugas dari perwakilan BPD perempuan adalah untuk mengawal aspirasi dari kaum perempuan di Desa Kebonharjo. Hal ini tentu efektif karena tidak ada lagi perbedaan gender soal jenis kelamin, namun saling melengkapi dan berjuang bersama dalam membawa aspirasi masyarakat saat ini. Perkembangan jaman era globalisasi kiranya kaum perempuan mampu tampil sebagai pemimpin di masyarakat umum. Berani berjuang untuk masyarakat. Sehingga SDM saat ini akan lebih komplit manakala perempuan juga mempunyai ruang yang sama dalam mengemban amanah rakyat. seperti saya juga berani berjuang " pungkasnya ".

Ditambahkan pula bahwa pendaftaran BPD akan dibuka pada minggu ini. Sehingga harapanya seluruh warga mulai bisa mencari siapa calon BPD baru. Atau paling tidak hal ini menjadi ruang belajar demokrasi masyarakat secara sederhana.

#dusungowokkebonharjo

  Komentar untuk Sosialisasi Pemilihan BPD Desa Kebonharjo di Dusun Gowok

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!