Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah

Gambar untuk Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah
TatarSukabumi.ID - Buah Lemon yang dihasilkan petani lokal Sukabumi - Jawa Barat mulai semarak di pasaran.
Adalah Dudi Saipul Maidan (26) Pemuda asal Kampung Rambay Kaler Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Sukabumi mencoba memperkenalkan Buah Lemon di Sukabumi.

Dudi merintis usaha penjualan minuman perasan Lemon siap saji, saat ini tercatat ada 5 gerobak Es Lemon di sekitar wilayah Cisaat dan 3 di Kota Sukabumi.

Tidak hanya menjual minuman perasan Lemon dadakan, Dudi juga menjual Buah Lemon segar jenis California yang dihasilkan Petani Sukabumi.

Menurut Dudi, tujuan utama usahanya adalah memperkenalkan bahwa Sukabumi memiliki komoditas Buah Lemon dengan kwalitas terbaik.

"Sukabumi Boga Lemon, itu misi utamanya, dan kwalitas lemon kita sangat baik," kata Dudi saat ditemui di lapak jualannya di kawasan GOR Cisaat, Rabu (16/10/2019).

Inovasi lain yang menjadi terobosan, saat ini Dudi bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Cibadak memproduksi minuman sari buah lemon dalam kemasan botol 250 ml.

Untuk harga yang dijualpun cukup bersaing, minuman lemon dadakan hanya di jual 5 ribu rupiah, buah segar lemon perkilo hanya 25 ribu rupiah, dan lemon dalam kemasan botol hanya di banderol seharga 7 ribu rupiah saja.

Untuk membangun usahanya, saat ini Dudi melakukan kerja sama sistem plasma baik dengan petani maupun dengan Pihak SMK Pertanian.

Sejumlah petani dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Sukabumi ikut bergabung diantaranya Kecamatan Nyalindung, Sukalarang, Kadudampit, Caringin, Cibadak, Cikidang, Parakansalak, Kabandungan, dan Kecamatan Cicurug.

Menurut Dudi, dari puluhan hektar kebun Lemon di Sukabumi, penghasilan bisa mencapai 1 ton lebih dalam setiap minggunya.

Untuk pendistribusian, saat ini Dudi hanya bisa menjual 500 Kilogram dalam seminggu dan sisanya dijual ke sejumlah pasar di Jakarta.

"Untuk kwalitas super kita jual di sukabumi, sisanya ke pasar pasar di Jakarta, kita juga akan buka beberapa cabang lain di Sukabumi, dan kedepannya semoga buah Lemon ini bisa menjadi icon Sukabumi dan menjadi oleh-oleh buah tangan kebanggaan Sukabumi," harap Dudi.

Untuk membantu pelaku usaha kecil lainnya sekaligus mengkampanyekan anti sampah, untuk Buah Lemon yang dijual Dudi menggunakan kemasan berupa keranjang anyaman bambu (bongsang).

"Saya beli dari warga pengrajin di wilayah Cikundul seharga dua ratus rupiah satu bongsangnya," kata Dudi.(*)


Sumber :

https://www.tatarsukabumi.id/read/5434/Sukabumi-Boga-Lemon-Perjuangkan-Lemon-Lokal-Jadi-Icon-Daerah/

  Komentar untuk Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!