Tangsi; pasar kebanggaan Sidokumpul.

21 October 2019, 20:56 WIB
1 0 7
Gambar untuk Tangsi; pasar kebanggaan Sidokumpul.
Kalau kamu pernah ke Paciran, tapi belum pernah ke pasar Tangsi maka itu namanya belum afdhol! kenapa? Karena pasar ini adalah salah satu tempat iconic yang dimiliki Paciran khususnya desa Sidokumpul.
Berada di perbatasan desa Weru dan desa Sidokumpul, pasar ini sekilas tak ada bedanya dengan pasar-pasar lain yang ramai. Namun kalau sudah masuk kedalamnya maka kamu akan lihat perbedaannya.
Pasar yang buka dari Sabtu sampai Kamis ini mulai ramai setelah dhuhur dan tutup setelah ashar. Pasar ini memiliki tiga bagian. Bagian depan pasar ditempati oleh kios-kios yang disulap menjadi warung-warung kopi dan bank pemerintahan daerah. Di bagian tengah pasar kamu akan jumpai berbagai jenis jajanan dan makanan dari yang tradisional sampai modern yang setiap standnya selalu sesak oleh pembeli. Dari mulai cenil, gethuk, genthilut hingga brownies tersedia disini. Nasi jagung, nasi rames, nasi goreng, dan makanan berat yang lain juga lengkap tersaji.
Bagian belakang adalah bagian pasar yang paling ramai. Di bagian ini terdapat banyak sekali penjual ikan segar yang baru diperoleh nelayan dari hasil melaut. istimewanya, lautnya pas dibelakang pasar. Jadi bisa dibilang pasar ini mengakomodir hasil tangkapan nelayan untuk langsung dijual ke pembeli. Para tengkulak dari kota juga banyak yang membeli ikan dari pasar ini.
Oiya, kenapa pasar ini disebut pasar Tangsi? Sesuai artinya, Tangsi adalah barak. Konon katanya menurut masyarakat sekitar bangunan pasar ini dulunya adalah barak militer tentara Belanda. Setelah direnovasi, justru kemudian jadi pasar. Karena itu kemudian dinamakan pasar Tangsi.
Buat kamu yang kebetulan ke Paciran atau ke Pantai Pasir Putih Delegan, cobalah mampir ke pasar Tangsi ini. Kamu bakal dapat pengalaman yang baru dan menyenangkan.

  Komentar untuk Tangsi; pasar kebanggaan Sidokumpul.

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!