TINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA , IPMBL GELAR TAHSIN DAN QIROOAH

18 September 2019, 18:29 WIB
2 0 38
Gambar untuk TINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA , IPMBL GELAR TAHSIN DAN QIROOAH
Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Banggai Laut (IPMBL) Palu-Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan Tahsin dan Qirooah bertempat di Jl. Uwe Goda, Tondo, Kec. Mantikulore(17/09)
Sebagai jalannya program kerja dari Departemen Keagamaan, kegiatan ini dihadiri oleh kader baru angkatan ke-VI serta pengurus dari IPMBL khususnya yang beragama islam. Dengan memanfaatkan sumber daya manusia didalam ruang lingkup lembaga, pembawa materi merupakan salah satu kader yaitu Milianti Awal yang menjadi peserta lomba MTQN XVI 2019 mewakili Universitas Tadulako di Aceh cabang Tartil Qur’an. Selain itu, ia juga aktif mengikuti kegiatan atau lomba MTQ tingkat provinsi
Dimulai dari ba’da Isya hingga pukul 23.00, diikuti secara antusias oleh para peserta. Didalamnya berisi pembawaan materi tentang apa itu tahsin dan qirooah. Selain itu, ada juga penjelasan mengenai keutamaan-keutamaan yang diperoleh jika setiap muslim dan muslimah cinta Al-Qur’an dari giat membaca, menafsirkan serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah pemberian materi, peserta diajarkan tentang pembacaan huruf hijaiyah yang benar. Bagaimana cara pengucapan, tempat dari setiap huruf yang keluar dari rongga mulut, perbedaan dari beberapa huruf yang biasanya terjadi kesamaan cara membaca. Setiap peserta mempraktekkan cara pengucapan setiap huruf hijaiyah.
Ketua Departemen Keagamaan Hasria Lasera mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar anggota IPMBL bisa mengetahui cara menyebutkan tiap huruf dalam Al-Qur’an selain itu kegiatan ini dapat menyambung tali silaturahmi antar anggota baru dan pengurus.
“Lewat adanya tahsin dan qirooah ini, kami dari departemen keagamaan mempunyai tujuan bagi para anggota IPMBL khususnya dibidang keagamaan islam agar mereka dapat mengetahui penyebutan tiap huruf hijaiyah dalam Al-Qur’an yang benar. Karena setiap kata adalah do’a. Jika salah dalam penyebutan, maka artinya akan berbeda. Selain itu, untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota melalui majelis ilmu seperti ini. Apalagi yang dipelajari adalah ilmu syar’i.” Ungkap Hasria.
Selain itu, Dedi Nofrianto selaku Ketua Umum IPMBL mengungkapkan rasa terima kasih kepada Departemen Keagamaan yang telah menjalankan program kerja dengan baik. Tak lupa ia menghimbau agar kegiatan ini senantiasa dilaksanakan secara rutin dan peserta untuk antusias dalam menghadiri kegiatan yang dilaksanakan dari IPMBL khususnya keagamaan.
“Terima kasih kepada Departemen Keagamaan yang telah menjalankan kewajiban ditiap program pada periode ini dengan baik. Kegiatan ini adalah kegiatan positif yang seharusnya disambut antusias oleh tiap anggota karena akan berdampak baik untuk kehidupan dunia yang dan akhirat. Sebaiknya kalau kegiatan ini dijadikan sebagai kegiatan rutin dalam beberapa selang waktu agar kemampuan membaca ayat suci Al-Qur’an dapat menjadi lebih baik,” tandasnya.

  Komentar untuk TINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA , IPMBL GELAR TAHSIN DAN QIROOAH

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!