Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Wagub Banten Wujudkan BUMD Agribisnis

31 August 2019, 20:04 WIB
2 0 19
Gambar untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Wagub Banten Wujudkan BUMD Agribisnis
Kebutuhan kawasan terpadu untuk aplikasi teknologi, guna implementasi BUMD Agribisnis telah dikaji oleh berbagai lembaga baik perguruan tinggi, lembaga riset pemerintah dan swasta untuk dapat diterapkan dalam skala ekonomi yang berfungsi sebagai pelatihan dan pusat transfer teknologi ke masyarakat luas.

Bahkan setiap Kabupaten maupun Kota terdapat techno park sebagai suatu solusi teknis pengembangan industri berbasis masyarakat, yang sesungguhnya merupakan perpaduan harmonis dalam penerapan teknologi dengan sumber daya alam berbasis kebutuhan komunitas untuk peningkatan value produk industri kecil dan menengah. Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumy saat ditemui di Aula Setda KP3B, Jalan Raya Serang-Pandeglang, Jum'at(30/8).

Lanjut Andika, techno park berfungsi sebagai center of excellent yang mampu menjadi disseminator teknologi dan sekaligus sebagai motor penggerak kemajuan industri, dengan berbasis teknologi sesuai kebutuhan dan keunggulan spesifik di masing-masing daerah. Techno park juga, kata dia, dapat menjadi onestop interface antara industri dan perguruan tinggi, dan merupakan sarana alih teknologi dan proses komersialisasi hasil-hasil penelitian dari akademisi.

“Ini semua dalam rangka sinergitas, Pemerintah Daerah bersama-sama akademisi dan industri. Diharapkan dapat meningkatkan aplikasi teknologi tepat guna mendukung proses pembangunan daerah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, masih kata Andika, rancangan Revisi RPJMD 2017-2022 telah disetujui oleh DPRD Provinsi Banten, dalam salah satu muatan perubahan RPJMD yang di bentuk menjadi BUMD Agribisnis. Inipun, sambungnya, dapat mendukung rantai pasok sektor pertanian di Provinsi Banten.

"BUMD Agribisnis ini diharapkan dapat memaksimalkan peran Pemerintah Daerah untuk berinteraksi langsung dengan petani, usaha tani dan kelompok tani, pelaku usaha pertanian, serta mengembangkan sistem distribusi dengan harga dan akses pangan untuk turut serta memelihara stabilitas pasokan dan harga pangan bagi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten, Enong Suhaeti mengatakan, sebagai langkah strategis penyebarluasan informasi  berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyaraka, dirinnya juga membuat forum untuk menggali pemikiran. "Ini semua dalam rangka menyusun kebijakan penerapan  dan penyusunan Teknologi Tepat Guna dalam upaya pemberdayaan masyarakat,” tandasnya.

  Komentar untuk Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Wagub Banten Wujudkan BUMD Agribisnis

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!